Weather Station Adalah


Weather Station Adalah – Setiap hari pasti cuaca berubah – ubah, terlebih saat musim pancaroba. Apbila cuaca berubah – ubah pasti akan membuat tubuh terserang penyakit apabila tubuh tidak kebal terhadap perubahan cuaca. Untuk mengukur cuaca sehari – hari biasanya menggunakan weather station. Di alat ukur Indonesia juga menyediakan alat weather station dengan kualitas yang bagus dan terpercaya.

Weather Station Adalah

Weather station merupakan pengamatan cuaca menggunakan instrumen dan peralatan pengujian cuaca untuk mengamati atau mengawasi kondisi atmosfer bumi untuk memberikan informasi perkiraan cuaca suatu daerah maupun wilayah dan juga untuk mempelajari cuaca dan iklim di suatu wilayah atau daerah.

Pengamatan yang diambil menggunakan alat uji cuaca yaitu suhu, tekanan udara, kelembaban, kecepatan angin, arah angin, curah hujan,  radiasi dan juga tingkat kebasahan atmosfer.  Pengamatan ini sangat berguna untuk suatu wilayah dan industri terutama industri transportasi.

Weather station atau alat pemantau cuaca bisa dilakukan secara manual dan otomatis dengan alat uji cuaca. Pengamatan manual biasanya dilakukan sekali dalam satu hari untuk memeberikan laporan keadaan cuaca hari tersebut, sedangkan pengamatan otomatis bisa dilakukan satu jam sekali untuk melihat perubahan kondisi cuaca suatu wilayah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah suatu instansi pemerintah yang mamiliki tugas memberikan pelayanan jasa pada bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika. Dalam melaksanakan tugas tersebut, BMKG melakukan pengamatan unsur cuaca baik secara manual ataupun memakai peralatan yang otomatis. Peralatan pengamatan cuaca otomatis yang dioperasikan BMKG yaitu Automatic Weather Station (AWS)  atau Stasiun Cuaca Otomatis.

Automatic weather station (AWS) merupakan serangkaian sensor meteorologi yang disusun secara terpadu dan secara otomatis mencatat data meteorologi yang kemudian akan menghasilkan pulsa elektrik yang ditampung dan dirubah dalam data logger sehingga dapat ditunjukan pada layar komputer.

AWS dipasang pada ketinggian 10 meter di atas permukaan tanah terbuka yang bebas dari rintangan. Sensor cuaca memberikan data realtime langsung ke display. Pencatatan data cuaca bisa diprogram sesuai keperluan, pada umumnya pencatatan data setiap 10 menit sekali.

Data yang tersimpan di data logger bisa dipanggil memakai data collect. Dalam AWS selain memakai listrik, juga bisa memakai tenaga solar sel. Sehingga apabila listrik padam, AWS tetap bisa dipakai.

Macam - Macam Alat Ukur Lainya

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *