Tata Cahaya Untuk Ruang Dalam


Tata Cahaya Untuk Ruang Dalam – Penataan cahaya untuk dalam ruangan sangat penting. Tata cahaya yang bagus akan menciptakan suasana tertentu didalam ruangan dan membangun estetika pada ruangan. Dengan tata cahaya yang memanfaatkan perbedaan efek cahaya, kita bisa memengaruhi atmosfer dalam sebuah ruangan.
Tata Cahaya Untuk Ruang Dalam
Menurut trijinx.com untuk mengetahui intensitas cahaya suatu ruangan bisa menggunakan alat light meter. Untuk dalam ruang (rumah, kamar, dan ruangan lain), alat utama yang dipakai dalam pengaturan tata cahaya ruang yaitu cahaya buatan.

Pencahayaan buatan dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.General lighting
General lighting artinya pencahayaan umum merupakan sistem penyinaran yang menjadi sumber penerangan utama. Pada umumnya penerangan dilakukan dengan menempatkan titik lampu pada titik tengah ruangan maupun pada beberapa titik yang dipasang secara simetris dan merata.

General lighting bertujuan untuk menghasilkan sumber cahaya yang terang dan menyeluruh. Lampu yang dipakai yaitu lampu TL atau downlight. Selain itu, dapat pula digunakan pencahayaan tidak langsung yaitu dengan lampu tersembunyi yang memanfaatkan bias cahaya saja.
Lampu indirect mempunyai kelebihan yaitu bisa menghasilkan cahaya yang merata tanpa membuat mata silau dan suasana “hangat” jadi lebih terasa dengan tampilan lampu warna kekuningan.

2.Task lighting
Task lighting merupakan sistem pencahayaan yang difokuskan pada suatu tempat dengan tujuan membantu kegiatan tertentu. Task lighting mempunyai kelebihan yaitu untuk menghindari ketegangan mata ketika beraktivitas.

Contoh task lighting yaitu seperti ruang kerja yang dilengkapi lampu meja untuk membaca sehingga membuat mata tidak cepat lelah. Contoh lainnya yaitu seperti lampu di atas counter table yang memungkinkan orang untuk membaca resep masakan saat akan memasak. Selain sebagai lampu penegas fungsi, task lighting juga sebagai pembentuk suasana.

3.Accent lighting
Accent lighting biasanya digunakan untuk memfokuskan suatu benda agar dapat lebih terlihat.
Pemasangan accent lighting di ruang dalam biasanya dipakai untuk menyorot benda seni atau menyorot lukisan.

Accent lighting menggunakan spotlight sebab dapat menghasilkan bias cahaya yang kuat dan juga menghasilkan fokus pada objek yang dituju. Untuk menghasilkan tampilan ruang yang dinamis bisa menggunkan aplikasi wall lamp.

Macam - Macam Alat Ukur Lainya

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *