Cara Kerja Light Meter


Cara Kerja Light Meter – Light meter merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya. Alat light meter akan membantu pemakai kamera untuk mengetahui intensitas cahaya yang masuk ke diafragma sehingga akan memudahkan mencari keseimbangan penyinaran.
Cara Kerja Light Meter
Light meter terdiri dari dua macam yaitu internal dan eksternal. Light meter internal terdapat pada kamera modern saat ini yang dapat dilihat di LCD dan view finder, sedangkan light meter eksternal sebagai alat tambahan dan pendukung. Apabila anda ingin memakai alat uji light meter anda dapat membelinya secara offline maupun online, salah satu yang menjual secara online yaitu trijinx.com .

Cara kerja light meter yaitu menangkap dengan baik sirkuit elektronik dan digital,yang memungkinkan fotografer untuk memilih kecepatan rana dan f-number untuk dipilih agar eksporsure yang didapat menjadi bagus.

Secara umum light meter terdiri dari 2 jenis pengukuran, yaitu reflected light meter dan incident light meter. Reflected light meter merupakan cahaya yang dipantulkan oleh subyek, sedangkan incident light meter merupakan cahaya yang jatuh ke subyek.

1.Reflected light meter
Light meter akan menentukan cahaya yang dipantulkan oleh subjek dan memilih setting exposure kamera (aperture, shutter speed dan ISO) agar tonalnya 18 persen abu-abu (gray).

Pada kamera, untuk menghidupkannya hanya dengan menekan setengah tombol shutter. Di light meter eksternal seperti Sekonic, arahkan alat ke area yang sedang/midtone gelap-terangnya, dan layar LCD akan memperlihatkan setting exposure termasuk f-stop yang direkomendasikan untuk digunakan.

Kekurangan dari reflected light meter mode yaitu light meter dapat salah apabila subjek foto terlalu banyak bidang putih atau hitam. Bidang yang berwarna putih akan memantulkan terlalu banyak cahaya sehingga foto akhir akan menjadi agak gelap. Sedangkan apabila subjek berwarna hitam, maka hasil akhir foto akan menjadi abu-abu juga atau terlalu terang.

2.Incident light meter
Untuk menghitung cahaya yang jatuh ke subjek foto,Incident light meter mode lebih akurat daripada reflected light meter sebab mengukur langsung kuantitas cahaya yang jatuh ke subjek, bukan yang dipantulkan.

Cara memakai incident light meter yaitu meletakkannya ke subjek foto dan mengarahkan kubah putih light meter menghadap ke arah cahaya lalu menekan tombol pada light meter. Apabila arah cahaya dari samping yang menerangi subjek foto, arahkan kubah ke arah lensa untuk memperoleh perhitungan f-stop yang akurat. Setting F-stop yang tepat akan terlihat di layar LCD.

Macam - Macam Alat Ukur Lainya

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *