Voltage Detector


Voltage Detector – Kata kelistrikan atau listrik bukan lagi menjadi kata-kata yang asing dalam telinga kita pada zaman sekarang ini. Pada era modern seperti saat ini, listrik dapat dikatakan sebagai kebutuhan pokok bagi masyarakat.voltage1

terdapat begitu banyak produk-produk elektronik yang canggih dan menggunakan energi listrik sebagai sumber energi utamanya. Seperti tv, kulkas, dan barang elektronik lainnya.

Tanpa kita menyadarinya, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa peralatan tersebut sudah menggunakan sumber energy istrik dan tanpa mengetahui apa itu kelistrikan dan bahaya dari kelistrikan tersebut.

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya perpindahan muatan listrik positif atau proton kemuatan negatif atau electron. Karena adanya perbedaan potensial yang ahirnya menghasilkan listrik.

Sebaiknya kita melaksanakan uji kelistrikan. Maksudnya yaitu untuk mengetahui apakah kualitas arus listrik yang kita konsumsi sudah optimal atau belum dimulai dari arus listrik, tegangan listrik, hambatan listrik, faktor daya, kualitas daya dan faktor yang lainnya.

Alat yang bagus digunakan untuk mengukur kelistrikan itu ada beberapa jenis. Salah satu alat yang dapat kita gunakan yaitu Voltage Detector. Alat tersebut ialah salah satu jenis alat dari coltmeter atau alat uji kelistrikan yang di pergunakan untuk menguji tegangan pada suatu rangkaian kelistrikan.

Voltage detector ini berguna untuk mengetahui apakah di dalam sumber listrik atau arus listrik yang kita gunakan ada sumber listriknya atau tidak. Dan alat tersebut sangat mudah untuk digunakan.

Cara menggunakan alat ini kita hanya perlu menghubungkan bagian ujung dari voltage detector ke rangkaian arus listrik atau sumber tegangan yang akan kita uji.

Kenapa kita harus menggunakan voltage detector ini.? Bukannya menggunakan alat lain seperti tespen saja sudah cukup untuk menguji kelistrikan.?

Pertanyaan seperti itu sering kali ditanyakan oleh sebagian orang. meskipun memiliki kegunaan yang sama, akan tetapi voltage detector dan tespen memiliki perbedaan yang cukup jelas. Kita lihat dari segi penggunannya,

lampu indikator atau led yang berada di tespen akan menyala apabila ada tegangan pada sumber daya yang diuji. Akan tetapi apabila kita mengujinya melalui alat voltage detecter ini, maka alat tersebut akan bergetar jika terdapat sumber daya pada arus listrik yang sedang di uji.

Selain itu, voltage detector juga mempunyai display yang dapat menampilkan data tegangan yang sedang diukur. Jadi akan sangat jelas data yang kita inginkan. Voltage detector ini juga dapat menguji arus listrik pada tegangan AC dan DC. Jika anda menginginkan untuk memiliki alat Voltage Detector ini, anda hanya perlu mengunjungi website Alat Ukur Indonesia.

 

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *