Sifat Kimia Besi


Sifat Kimia Besi – Besi merupakan elemen kimia dengan simbol Fe atau bahasa latinnya ferrum dan nomor atom 26. Besi ini merupakan logam pada deret transisi utama. Besi juga merupakan unsur keempat terbesar pada permukaan kerak bumi.

sifat kimia besi

Besi juga banyak dimanfaatkan manusia untuk kepentingan dalam membuat bangunan karena sifat besi sendiri yang kuat. Maka dari itu saat ini sudah ada alat yang dipakai untuk mengukur kekuatan dan ketahanan dari besi, sebetulnya bukan hanya untuk mengukur besi, tapi masih banyak seperti, batu, baja, logam, kayu dan lain-lain. Fungsi alat ini tentunya untuk mengukur seberapa kuat dari bahan tersebut agar pada saat dimanfaatkan dalam pekerjaan tahu apakah bahan tersebut aman atau tidak.

Alat yang dimaksud merupakan Hardness Tester, alat ini banyak dijual belikan di perusahaan ataupun media-media online alat ukur dan alat tester. Logam besi mempunyai harga yang tergolong murah, dan untuk mencegah besi menjadi berkarat kita melapisinya dengan cat, plastik untuk menyingkirkan air pada permukaan besi. Besi juga dipakai sebagai campuran untuk membuat baja, dan ukuran baja jelas lebih kuat dari besi tanpa campuran. Kekuatan baja bisa mencapai 1000 kali lipat dibanding dengan besi yang menjadi bahan campuran pembuatan baja.

Sifat Fisik Besi

Besi memiliki sifat yang elastis dan lunak, elastis yang dimaksud adalah dapat ditarik tanpa putus, sedangkan lunak yang dimaksud dapat ditempa dan bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk. Besi juga memiliki sifat daya tarik yang sangat tinggi, dan besi sangat mudah untuk dibengkokan, digulung, dipotong, dibentuk maupun dicampur dengan logam lainnya. Titik lebur dari besi murni adalah 1536 C atau sekitar 2797 F dan titik didih sebesar 3000 C (5400 F). Besi mempunyai densitas atau kerapatan 7,87 gram/cm3.

Sifat Kimia Besi

Besi mempunyai sifat yang sangat aktif, besi mudah bereaksi dengan oksigen yang mengakibatkan besi menjadi berkarat (oksidasi besi Fe2O3). Besi juga bisa bereaksi dengan air dan uap yang menimbulkan hidrogen. Besi juga dapat larut dengan larutan asam.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *