Perbedaan Tds Meter, Ec Meter, Ph Meter

1 min read

Perbedaan TDS Meter, EC Meter, PH Meter – Alat untuk mengukur kadar ph ada banyak sekali, contohnya tds meter, ec meter, dan ph meter. Alat ukur tersebut mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda. Biasanya alat ukur tersebut digunakan untuk budi daya ikan, tanaman hidroponik dan untuk mengecek kadar air minum.

Perbedaan TDS Meter, EC Meter, PH Meter

Untuk membeli alat ukur tersebut selain secara offline juga bisa secara online yaitu dengan mengunjungi website alat ukur Indonesia atau klik http://bit.ly/2mkWQe1.

TDS Meter
TDS meter adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur padatan larutan yang tidak terlihat. Kepanjangan dari TDS yaitu (Total Dissolved Solids). TDS meter lebih banyak digunakan untuk mengukur ppm pada air minum dan pada tanaman hidroponik.

Karena apabila air minum mengandung ppm lebih dari 100 ppm artinya air minum tersebut tidak baik untuk di minum, karena air yang layak untuk diminum yaitu berkisar antara 20 sampai 100 ppm. PPM adalah satuan hasil pengukuran menggunakan tds meter yang merupakan singkatan dari part per milions.

EC Meter
EC meter adalah sebuah alat ukur yang memiliki fungsi yang sama seperti tds meter yaitu untuk mengetahui padatan larutan yang tidak terlihat atau kepekatan nutrisi pada tanaman hidroponik. EC merupakan singkatan dari Electrical Conductivity.

EC meter biasanya digunakan untuk mengukur kepekatan nutrisi pada tanaman hidroponik. Apabila memelihara tanaman hidroponik maka harus mengukur kepekatan nutrisi terlebih dahulu sebelum memberikan larutan nutrisi ke tanaman.

Karena apabila dalam memberikan larutan nutrisi ke tanaman kurang atau bahkan terlau banyak tanaman akan mengandung racun dan menyebabkan tanaman mati. Satuan hasil pengukuran menggunakan ec meter yaitu mS/cm (mili Siemen per centi meter) atau mH/cm (mili Hos per centi meter). Namun kebanyakan orang tidak memakai satuan tersebut melainkan menggunakan ec saja seperti 1 ec atau 2 ec.

PH Meter
PH meter adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur keasaman dan kebasaan baik benda yang padat maupun cair. Biasanya ph meter digunakan untuk mengukur tingkat keasaman pada air budidaya ikan di kolam. Karena apabila tingkat keasaman pada air kolam budidaya ikan meningkat secara mendadak, maka akan menyebabkan ikan terkena penyakit dan mati.

Agar mengetahui berapa tingkat keasaman air budidaya harus memakai ph meter, dan untuk menjaga tingkat keasaman air pada air budidaya bisa menggunakan larutan garam dapur namun lebih baik menggunakan garam khusus ikan, karena garam khusus ikan mengandung NaCl (tanpa yodium).

Cek harga terbaik TDS, EC, PH Meter dan beli online disini

Incoming search terms:

  • Cara Membuat Ph Meter
  • Obat Tanaman Padi Ambles
  • Cari Alat Tds Air Di Apotek
  • Tds Meter Kediri
  • Toko Tds Meter Di Kediri
  • Apotik Jual Tds
  • apaka di apotik jual tds meter
  • beda ph meter sama tds
  • Cara Membuat Lux Meter Sederhana
  • Cara Menggunakan Ph Meter Di Urine

Pentingnya Saat Memakai Moisture Meter

Pentingnya saat memakai moisture meter – Moisture meter dipakai untuk mengukur mengetahui air dalam suatu zat tertentu. Info ini dapat digunakan untuk menentukan apakah...
404 Crew
1 min read

Gas Yang Timbul Pada Fermentasi

Gas Yang Timbul Pada Fermentasi – Gula merupakan bahan yang umum pada fermentasi. Contoh hasil fermentasi yaitu etanol, asam laktat, dan juga hidrogen. Namun...
404 Crew
1 min read

Pentingnya Fungsi Moisture Meter

Pentingnya Fungsi Moisture Meter  – Moisture meter yaitu alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kandungan air yang terdapat pada zat. Alat ini dapat juga dipakai...
404 Crew
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *