Pentingnya Saat Memakai Moisture Meter


Pentingnya saat memakai moisture meter – Moisture meter dipakai untuk mengukur mengetahui air dalam suatu zat tertentu. Info ini dapat digunakan untuk menentukan apakah bahan tersebut siap digunakan, tiba-tiba basah atau kering, atau yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjutnya. Pada produk kertas dan produk Kayu sangatlah sensitif dengan kadar air. Sifat fisiknya sangat pengaruh oleh kadar air.

Pentingnya Saat Memakai Moisture Meter

Kayu yang baru ditebang atau dipotong pasti mengandung kadar air (MC) dari 80% atau lebih, tergantung pada spesies. Sejak kayu itu menyusut, dan juga dapat membagi, sentuhan atau berubah bentuk karena mengering, kayu itu harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini paling sering dilakukan dengan menggunakan kiln, tetapi juga dapat dengan pengeringan alami yaitu dengan menggunakan sinar matahari maupu udara, yang jauh lebih lama pada saat prosesnya.

Di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, kadar air minimum yang secara umum bisa diperoleh dalam pengeringan udara yaitu sekitar 12 sampai 15%. Sebagian banyak udara kering bahan biasanya lebih dekat dengan kadar air 20 persen apabila digunakan.

Pengeringan biasanya dilihat oleh beberapa jenis moisture meter. Moisture meter digunakan untuk mengukur jumlah air yang terkandung pada kayu tersebut sehingga si tukang kayu dapat menentukan apakah kaya itu cocok digunakan yang sesuai dengan tujuan yang dimaksudkannya. Bangunan inspektur dan banyak lagi, tukang kayu, penggemar, dan woodworkers lain sering dituntut untuk memiliki alat moisture meter kelembaban.

Kayu yang akan digunakan untuk lantai, harus memverifikasi bahwa MC kayu itu cocok dengan kelembaban relatif di udara pada gedung. Apabila langkah ini akan dilewati, area yang luas dari masalahnya yang mungkin akan muncul dengan sendirinya

Masalah yang diakibatkan oleh berbagai tingkat kadar air pada dalam kayu yang melampaui penyusutan pada bagian-bagian kayu. Masalah dengan distorsi pada bentuk kayu, yang seperti warping bekam, dan memutar , yang di akibatkan perbedaan tingkat perubahan dimensi dalam sel kayu tangensial (tegak lurus terhadap gandum dan sejajar dengan cincin pertumbuhan) versus radial (tegak lurus terhadap pertumbuhan dering).

Jumlah penyusutan kayu secara keseluruhan akan menjalani dalam proses pengeringan bervariasi dari spesies ke spesies kayu kayu. Perbedaan antara penyusutan radial dan tangensial juga bervariasi dari spesies ke spesies. Kayu dengan rasio rendah tangensial penyusutan radial, seperti jati dan mahoni, kurang rentan terhadap distorsi karena perubahan kadar air dari hutan dengan rasio tinggi, seperti pinus putih timur dan spesies tertentu. Spesies dengan kedua penyusutan keseluruhan yang rendah dan rasio tangensial / radial penyusutan rendah lebih stabil dan akan bereaksi lebih baik terhadap perubahan kadar air.

Untuk kayu yang akan digunakan pada pembuatan mebel untuk lantai kayu, konstruksi atau pada setiap proyek pembangunan, contohnya negara ideal adalah salah satu konten Keselarasan pada  kelembaban (EMC). EMC yaitu bahwa kayu yang seimbang dengan kelembaban relatif dengan lingkungan pada sekitarnya, dan karena itu tidak mendapatkan atau kehilangan pada konten kelembaban. Namun kenyataannya adalah sangatlah jarang bagi lingkungan untuk menjaga kelembaban relatif konstan yang tetap, beberapa tingkat perubahan dimensi bersama dengan perubahan musiman dalam kelembaban relatif yang diharapkan.

Argometer kelembaban memberikan pembacaan kadar air perkiraan kayu. Membaca ini sangat membantu pada saat menentukan apakah kayu kering itu sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan. Pembacaan kadar air juga dapat membantu dalam perencanaan desain proyek yang akan mengakomodasi perubahan masa depan dalam dimensi yang disebabkan oleh perubahan kelembaban relatif.

Nah itulah pentingnya menggunakan alat ukur kadar air, jika anda menggunakan alat ini anda bisa mengetahui berapa kandungan air zat yang terdapat pada kayu tersebut. Alat ini banyak dijual di berbagai toko online salah satunya alat ukur indonesia

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *