Pentingnya Fungsi Moisture Meter


Pentingnya Fungsi Moisture Meter  – Moisture meter yaitu alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kandungan air yang terdapat pada zat. Alat ini dapat juga dipakai untuk mengukur tingkat kelembaban pada zat. Dari hasil pengukuran yang dilakukan, diharapkan akan bisa mengetahui apakah bahan tersebut sudah siap untuk dipakai ataukah belum.

Pentingnya Fungsi Moisture Meter

Kadar air sangat berpengaruh pada sifat fisik benda. Sifat fisik yang selalu berubah ubah pada beberapa material untuk kepentingan tertentu, tentunya akan sangat terpengaruh pada kemaksimalan efektivitas fungsi sebuah benda yang ingin anda gunakan. Beberapa material seperti kayu  dan kertas sangatlah sensitif pada kandungan kadar air.

Sifat fisiknya dari kertas ataupun kayu bisa saja berubah apabila kandungan pada air yang ada pada material tersebut yang berlebihan. Penggunaan instrumen ini untuk memaksimalkan fungsi pada zat-zat yang terkait sebagai alat ukur untuk menentukan kandungan kadar air.

Sekarang alat ini pun banyak dipergunakan di bidang pertanian untuk mengukur kandungan air dari biji-bijian seperti gandum, sorgum , gabah, tembakau, jagung, jerami dan masih banyak lagi. Pengukuran kadar air pada produk pertanian tentunya akan sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas produk di pasaran.

Untuk dapat mengetahui kelembaban kadar air pada jagung, beras, maupun biji-bijian lainnya seseorang, bisa juga Perusahaan besar kadang masih menggunakan teknik feeling yang mengandalkan seseorang karena faktor kebiasaan yang sudah berpengalaman puluhan tahun untuk komoditi dari bidang tertentu misalnya dari kebiasaan mereka dalam bidang cengkeh, beras, dan yang lainnya.

Efek sampingnya dari felling tester kadar air itu terkadang tidak tepat dari perkiraan persentase kadar air yang mengandung di dalamnya sehingga menimbulkan kerugian. Kerugiandapat juga terjadi apabila di dalam perusahaan ataupun perorangan mengandalkan seseorang karena faktor dari kebiasaan tersebut. Seiring berjalannya waktu tentunya indra perasa pun lama-lama berkurang dan mengakibatkan ketimpangan dari pengukuran kadar air semakin tidak menjelas. Semakin jaman alat dan teknologi pun semakin bersaing dan canggih,

Bagaimana prinsip kerjanya dari moisture meter tersebut ? Secara awam terdapat beberapa cara serta prinsip kerja yang dapat dilakukan untuk menentukan kandungan air dari suatu zat, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Termogravimetri.

Cara seperti ini dilakukan dengan menggunakan dua teknik utama yaitu pemanasan serta penimbangan. Selisih berat sebelum pemanasan serta setelah pemanasan adalah nilai kandungan air yang ditentukan tersebut.

  • Konduktometri.

Konduktometri yaitu salah satu teknik mengukur kadar air dengan cara teknik elektrik, di mana pada saat pengukuran didasarkan kepada konduktivitas maupun hantaran listrik. Kadar air akan berbanding linear terhadap kapasitas listrik yang diukur. Hantaran listrik tersebut akan diterima oleh alat yang dinamakan detektor.

Sekarang sudah ada cukup banyak jenis-jenis moisture meter yang ada di pasaran dengan berbagai merek yang mempunyai kualitas beragam. Untuk dapat mengetahui berbagai ragam moisture meter dengan harga dan varian tipe yang bagus dan terjamin kualitasnya anda dapat cek di website alat ukur indonesia. Alat ukur indonesia jual moisture meter dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *