Pengaruh Ph Air Terhadap Ikan Lele

1 min read

Pengaruh pH Air Terhadap Ikan Lele pH air merupakan nilai keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh air tersebut. Kestabilan pH air pada kolam lele merupaka kunci utama  sebagai parameter budidaya ikan lele dikatakan berhasil. PH yang tepat untuk air kolam ikan lele yaitu sekitar 7 sampai 8 ( berada dilevel netral ). Namun jika pH pada  air kolam ikan dibawah 7 berarti air kolam ikan itu bersifat asam.

Pengaruh pH Air Terhadap Ikan Lele

Jika air kolam ikan memiliki pH diatas 7 berarti air kolam ikan itu bersifat basa. Namun lele masih bisa bertahan pada pH sekitar 6 sampai 9. Namun jika air kolam itu memiliki  sifat asam maka jamur dan bakteri dapat berkembang dengan cepat. Tetapi bila air kolam memiliki sifat asam dapat kita atasi dengan menaburkan kapur kedalam air kolam tersebut. Kapur yang dianjurkan adalah kapur dolomit,tetapi harus dengan perbandingan yang tepat karena bila berlebihan maka dapat mengurangi nafsu makan ikan.

Akibat  dari pH kolam yang bersifat  asam yaitu :

  1. Ikan malas bergerak.
  2. Ikan mengeluarkan lendir secara berlebihan,sehingga ikan terlihat pucat.
  3. Kematian ikan.

Pada musim hujan sebaiknya kita menutup kolam dengan plastik UV agar kolam kita tidak tercampur dengan air hujan. Karena pada dasarnya air hujan itu sendiri memiliki sifat asam sehingga pH dari air kolam kita dapat stabil. Dan harus tetap diukur pHnya setelah hujan reda. Namun dapat kita cegah dengan cara  kedua yaitu dengan membuat drainase overflow pada kolam agar air hujan yang masuk kedalam kolam langsung terbuang melalui pipa overflow.

Selain air hujan,sisa-sisa kotoran dan makanan juga dapat mengakibatkan pH air pada kolam menurun. Sehingga perlu kita bersihkan secara berkala yaitu dalam jangka waktu yang baik yaitu dua minggu sekali maupun satu bulan sekali. Pembangunan infrastruktur perlu diperhatikan agar pembersihan kolam dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut ciri-ciri kolam yang bersifat asam :

  • Permukaan air yang berbusa.
  • Bau tak sedap yang muncul pada kolam ikan.
  • Adanya lumut pada air kolam ikan.

Kondisi ikan lele pada pH  tertentu :

  1. pH 4    =>Ikan mati.
  2. pH 5    =>Ikan tidak dapat berkembang dengan baik.
  3. pH 6    =>Pertumbuhan ikan menurun.
  4. pH 7-8 =>Pertumbuhan ikan baik.
  5. pH 9    =>Pertumbuhan ikan menurun.
  6. pH 10  =>Ikan tidak dapat berkembang dengan baik.
  7. pH 11  =>Ikan mati.

Itulah pembahasan mengenai pengaruh pH air terhadap ikan lele. Untuk menjaga kestabilan pH air pada kolam ikan maka kita perlu mengukurnya dengan pH meter. Karena pH meter  banyak dicari maka sekarang ini banyak toko alat ukur yang menjual pH meter. Termasuk di CV Java Multi Madiri dengan berbagai spesifikasi dan jenis.

Incoming search terms:

  • Pengaruh Ph Pada Ikan Lele
  • Alat Pengukur Ph Air Kolam Ikan Sederhana
  • Tds Air Kolam Lele
  • Tds Normal Kolam Lele
  • Tds Meter Untuk Ikan Lele
  • tds air untuk budidaya ikan
  • Kadar normal tds suatu air kolam ikan
  • Fugsi Alat Ukur Tds Pada Budidaya Lele
  • Standar Tds Pada Kolam Ikan Lele
  • tds untuk kolam lele

Pentingnya Saat Memakai Moisture Meter

Pentingnya saat memakai moisture meter – Moisture meter dipakai untuk mengukur mengetahui air dalam suatu zat tertentu. Info ini dapat digunakan untuk menentukan apakah...
404 Crew
1 min read

Gas Yang Timbul Pada Fermentasi

Gas Yang Timbul Pada Fermentasi – Gula merupakan bahan yang umum pada fermentasi. Contoh hasil fermentasi yaitu etanol, asam laktat, dan juga hidrogen. Namun...
404 Crew
1 min read

Pentingnya Fungsi Moisture Meter

Pentingnya Fungsi Moisture Meter  – Moisture meter yaitu alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kandungan air yang terdapat pada zat. Alat ini dapat juga dipakai...
404 Crew
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *