Pengaruh CO2 Terhadap PH Air


Pengaruh CO2 Terhadap pH Air – Nilai pH perairan adalah parameter yang di hubungkan dengan konsentrasi karbondioksida (co2) pada sistem. Karbondioksida (co2) sangat berpengaruh terhadap pH, tinggi rendahnya dipengaruhi oleh fluktuasi kandungan karbondioksida (co2) dan oksigen (o2).

Pengaruh CO2 Terhadap pH Air

Dilihat dari lingkungannya terdapat 2 mekanisme yang berlangsung yaitu:

1.Asam

Pada lingkungan asam, reaksi terjadi melalui dua tahapan yang di mulai oleh serangan molekul air terhadap molekul karbondioksida.

a.Tahap pertama

Awal reaksi terjadi akibat molekul air yang menyerang molekul karbondiosida. Pada hal ini terjadi pemakaian bersama pasangan elektron karena pasangan elektron bebas yang dipunyai oleh atom oksigen molekul air di berikan ke atom karbon molekul co2. Untuk mengatasi kekurangan elektron atom oksigen H2O yaitu dengan cara mengambil elektron dari ikatan O-H, karena atom hidrogen molekul H2O menjadi bermuatan positif dan karena kekurangan elektron.

Hal ini menyebabkan terjadinya pelepasan atom hidrogen H2O dalam wujud ion yang bermuatan positif. Atom oksigen co2 yang kelebihan elektron akan menangkap ion hidrogen yang dilepas. Jadi terbentuklah senyawa karbonat yang stabil. Reaksi ini adalah tahapan yang menentukan laju reaksi yang berjalan paling lambat.

b.Tahap kedua

Terbentuknya senyawa (ionik) karbonat yang bermuatan -2 karena kehilangan 2 ion hidrogen yaitu terjadi karena reaksi disosiasi molekul asam karbonat dengan melepaskan ion hidrogen menjadi bikarbonat diikuti oleh pelepasan ion hidrogen selanjutnya.

2.Basa

Pada lingkungan basa terjadi konsentrasi ion hidroksida HO yang tinggi. Reaksi dimulai oleh serangan nukleofilik ion hidroksida terhadap molekul karbondiksida (co2). Hasil reaksi disosiasi molekul air yaitu ion hidroksida. Jadi dalam kondisi basa akan meningkatkan ion karbonat dan bikarbonat dalam perairan. Ion / senyawa karbonat dan bikarbonat dapat mempertahankan kondisi air agar tetap stabil.

Apabila konsentrasi co2 (karbondioksida) diudara meningkat, maka tingkat keasaman air laut juga akan meningkat. Dan juga kehidupan yang di air akan dirugikan. Sebelum kita memahami pengaruh terhadap pH air kita harus mengukur pH air terlebih dahulu. Mengukur pH air maupun tanah yaitu dengan menggunakan pH meter.

Apabila anda mencari tempat yang jual pH meter yang terpercaya anda bisa membelinya di CV JAVA MULTI MANDIRI. Disana tersedia pH meter tanah dan pH meter air juga alat ukur lainnya yang mungkin anda butuhkan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *