Iklim Di Indonesia


Iklim di Indonesia – Cuaca merupakan suatu fenomena yang berjalan pada suatu daerah tertentu yang akan menunjukan aktiftas alam seperti hujan dan panas. Sedangkan iklim merupakan kondisi jangka panjang pada suatu daerah tertentu. Pada bidang meteorologi perubahan pada iklim yang terjadi dan dipelajari secara detail. Indonesia termasuk negara beriklim tropis karena terletak di sekitar garis katulistiwa.

iklim di indonesia

Temperatur atau suhu merupakan panas dinginnya pada udara. Temperatur bisa diukur dengan alat yang bernama termometer. Suhu indonesia rata-rata sekitar 28oC. Suhu udara paling tinggi berkisar 34 oC, sedangkan suhu udara paling rendah berkisar 23 oC. Suhu atau temperatur pada suatu daerah juga berbeda dengan lainnya. Sebagai contoh suhu udara di Lembang Bandung lebih dingin dibandingkan dengan Semarang.

Cuaca dan iklim saat ini juga dapat diukur dengan alat yang bernama weather station, alat ini berfungsi untuk mengumpulkan data cuaca secara otomatis serta diproses supaya pengamatannya lebih sederhana. Weather station sekarang sudah banyak dijual di toko online atau media offline yang menjual alat ukur dan uji.

Kelembaban udara adalah jumlah uap air yang terkandung di udara. Karena indonesia negara maritim maka kelembaban udara di indonesia selalu tinggi. Angin adalah udara yang bergerak, udara yang bergerak ini biasanya berasal dari tempat yang tinggi menuju tempat rendah. Alat untuk mengukur angin dinamakan anemometer. Pada waktu kita kecil angin biasanya dimanfaatkan untuk bermain layang-layang.

Curah hujan ialah banyaknya hujan yang jatuh pada suatu tempat tertentu. Dan curah hujan di indonesia juga terbilang tinggi seperti bogor, wonosobo dan lain-lainya. Sedangkan tempat yang memiliki curah hujan rendah contohnya lombok, palu dan waingapu.

Iklim di indonesia

Berdasarkan letak dan unsur iklim, indonesia mempunyai tiga iklim seperti iklim tropis, iklim musim serta iklim laut.

  • Iklim tropis biasanya hanya terjadi di daerah yang terletak di garis katulistiwa saja, dan indonesia juga mengalaminya. Ciri-ciri iklim tropis merupakan terjadi panas dan hujan sepanjang tahun.
  • Iklim muson, iklim ini berlangsung karena adanya angin muson barat dan angin muson timur. Dampaknya indonesia dikenal dengan mempunyai dua musim, musim hujan dan kemarau. Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai April sedangkan kemarin bulan April sampai Oktober.
  • Karena sering dinamai negara maritim maka indonesia mempunyai iklim laut. Ciri-ciri iklim laut udara sering berawan, basah, temparatur udara sedang dan memiliki curah hujan yang tinggi.

 

Incoming search terms:

  • prinsip kerja moisture meter pdf

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *