Fungsi Dan Manfaat Penggunaan Moisture Meter


Fungsi dan Manfaat Penggunaan Moisture Meter – Moisture meter yaitu instruments yang dipergunakan untuk mengetahui kelembaban kadar air pada suatu zat, baik itu dari biji-bijian atau biji bijian lainnya. Kandungan kelembaban dapat disebabkan oleh zat yang memiliki sifat fisik seperti berat, kekentalan, konduktivitas, densitas,  indeks bias, Dll. Pada metode saat pengukuran dapat dibagi dalam beberapa metode, yaitu metode spektroskopi, metode kimia, metode termogravimetri, dan lain-lain.

Fungsi dan Manfaat Penggunaan Moisture Meter

Moisture Meter adalah Alat Ukur Kadar Air ?

Alat ukur kadar air yaitu bukan berarti memiliki 1 fungsi saja akan tetapi mempunyai 2 makna fungsinya yaitu alat yang benar benar untuk mengukur kadar air ( liter, kubik, dll) atau alat ukur kadar air untuk suatu zat, yaitu alat moisture meter. Pada zaman dulu tentunya tidak ada alat untuk mengetahui kelembaban kadar air pada beras, Oleh karena itu dizaman tersebut masih memakai cara yang sederhana yaitu dengan cara diraba dan dirasakan menggunakan gigitan yang dipatahkan biji / berasnya.

Seiring teknologi semakin berkembang dibuatlah alat yang sangat barguna dan canggih untuk mengukur dan mendiagnosis kelembaban pada dalam bijian-bijian. Alat ini bisa menghitung kelembaban pada segala kondisi, baik itu terhampar, maupun pada keadaan tersimpan disuatu tempat. Pembacaan pada saat melakukan pengukuran kelembaban kadar air yang sangat sempurna ini membantu pengguna untuk mengetahui masalah dan memonitring perubahan pada kondisi yang tepat dan handal.

Alat Pengukur Kadar Air Beras JV010S

Alat moisture meter portable yang sangat canggih dengan fitur yang MultiPoint calibration dan fitur Error Correction, nominal pada pengukurannya mulai dari 0-40% jadi bisa menguji kadar air beras dari yang sangat kering yaitu 0% sampai dengan 40%. Untuk sample yang akan dimasukan juga harus banyak memungkinkan pengguna lebih banyak memakai sampel akan lebih baik yaitu berkisar 200g dan mempunyai dimensi ukuran 20,5 x 13,5 x 19 ( P x L x T ) cm.

Manfaat Penggunaan Moisture Meter ?

Kami akan membantu simulasikan kerugian yang terjadi apabila anda membeli bijian dengan kadar air diatas standar rata-rata. Semisal untuk bijian beras yang dijual dengan harga standard-nya adalah bijian beras dengan kadar air 16% dengan harga per-ton yaitu Rp.7.500.000,-.

Apa yang akan terjadi apabila anda membeli 100 Ton beras dengan kadar air yang sudah diukur dengan alat pengukur kadar air menunjukan hasil data 18% ? itu artinya anda mengalami kerugian mencapai 2% dari keseluruhan bobot yang ada pada komoditi beras 100 ton yang anda beli, berarti kadar air tersebut juga menyumbang bobot pada komoditas yang anda beli sebanyak selisih persentasenya.

itu terhitung hanya dari satu komoditas saja yang diukur menggunakan alat ini 9contoh diatas beras), padahal berapa komoditas bisnis yang anda punyai ? Jagung, beras, kopi, kakao, gandum, dan sampai dengan 36 varietas sendiri (Komoditas bijian) yang bisa diukur menggunakan alat ini. Berapa kerugian jika anda tidak memiliki moisture meter ini? Sekiranya gambaran tersebut bisa anda artikan untuk manfaat dari kegunaan dan fungsi moisture meter tersebut.

Nah itulah fungsi dan manfaatnya moisture meter. Jadi alat ini sangat cocok untuk mengetahui kelembaban kadar air pada suatu zat, yang digunakan untuk mengetahui kelembapan pada bibi bijian. Apabila anda ingin membeli alat test kadar air tersebut anda bisa membelinya di alat ukur indonesia.

Incoming search terms:

  • jual tds meter di semarang
  • tds meter di semarang

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *