Cara Membaca Tds Meter

1 min read

Cara Membaca TDS Meter – TDS meter adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kepekatan ( nutrisi ) yang terkandung dalam sebuah larutan. TDS adalah singkatan dari “ Total Dissolved Solids ”. TDS meter dapat digunakan untukberbagai keperluan sehari – hari.

Cara Membaca TDS Meter

Untuk keperluan kesehatan tds meter sangat dibutuhkan untuk mengukur padatan yang terkandung dalam air yang layak konsumsi, serta mengukur kepekatan yang terdapat pada produk air minum.Selain itu, dalam bidang pertanian tds meter juga sangat dibutuhkan untuk mengukur kepekatan yang terdapat pada larutan yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik..

Karena pertumbuhan tanaman dan hasil panen dipengaruhi oleh kepekatan yang terdapat pada larutan tersebut.Dalam budidaya ikan komsumsi, tds meter juga sangat diperlukan untuk mengetahui kepekatan yang terdapat air kolam. Karena apabila air kolam memiliki kepekatan  yang tepat, maka dapat mendukung pertumbuhan ikan yang ada didalamnya.

Air  yang tidak dapat diukur menggunakan tds meter adalah :

  • Air laut atau air garam, karena pembacaan menjadi  erorr. Untuk mengukur air laut terdapat alat khusus tersendiri.
  • Air panas, karena hasil pengukuran tdak akurat.
  • Air dingin, karena hasil pengukuran tidak akurat.
  • Air alkohol atau spirtus.
  • Air yang tidak termasuk dalam daftar dari pesifikasi tds meter tersebut.

Cara menggunakan tds meter sangatlah mudah yaitu dengan cara menyelupkan tds meter kedalam air yang akan diukur, dengan kedalaman kurang lebih 5 cm, lalu tunggu selama 2 – 3 menit. Karena apabila hasilnya langsung dibaca, maka hasil yang terdapat pada display masih berubah – ubah.

Berikut beberapa jenis air menurut jumlah partikel yang terkandung didalamnya yaitu :

  1. Air minum bermineral :  memiliki kandungan partikel  lebih dari 100 ppm.
  2. Air minum : memiliki kandungan partikel sekitar 10 – 100 ppm.
  3. Air murni : memiliki kandugan partikel sekitar 1 – 10 ppm.
  4. Air organik : memiliki kandungan partikel 0 ppm.

TDS meter sangat berguna untuk berbagai keperluan, maka dari itu banyak toko alat ukur  yang menjual tds meter dengan berbagai macam spesifikasi, bentuk, jenis, dan warna. Apabila anda ingin melihat berbagai spesifikasi, bentuk, jenis tds meter anda dapat membuka website alat ukur indonesia, atau kunjungi https://goo.gl/t2ZKwT.

Incoming search terms:

  • Cara Membaca Tds Meter
  • Cara Ukur Str W6554
  • Cara Membaca Hasil Tds Meter
  • Cara Baca Tds Meter
  • Membaca Tds 3
  • pembacaan tds meter

Pentingnya Saat Memakai Moisture Meter

Pentingnya saat memakai moisture meter – Moisture meter dipakai untuk mengukur mengetahui air dalam suatu zat tertentu. Info ini dapat digunakan untuk menentukan apakah...
404 Crew
1 min read

Gas Yang Timbul Pada Fermentasi

Gas Yang Timbul Pada Fermentasi – Gula merupakan bahan yang umum pada fermentasi. Contoh hasil fermentasi yaitu etanol, asam laktat, dan juga hidrogen. Namun...
404 Crew
1 min read

Pentingnya Fungsi Moisture Meter

Pentingnya Fungsi Moisture Meter  – Moisture meter yaitu alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kandungan air yang terdapat pada zat. Alat ini dapat juga dipakai...
404 Crew
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *