Apa Itu Lux Meter

1 min read

Apa Itu Lux Meter – Pada zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu, karena pada zaman dahulu orang – orang tidak menggunakan listrik untuk menghasilkan cahaya. Baik siang maupun malam pasti ada cahaya, pada malam hari cahaya berasal dari lampu dan cahaya bulan sedangkan pada siang hari cahaya berasal dari cahaya matahari.

Apa Itu Lux Meter

Lux meter merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur besarnya intensitas cahaya pada suatu tempat. Besarnya intensitas cahaya perlu diketahui karena pada dasarnya manusia memerlukan penerangan yang cukup. Agar mengetahui besarnya intensitas cahaya maka perlu dibutuhkan sebuah sensor yang cukup peka dan linier terhadap cahaya.

Semakin jauh jarak antara sumber cahaya ke sensor maka nilai yang ditunjukan lux meter akan semakin kecil. Hal ini membuktikan jika semakin jauh jaraknya maka intensitas cahaya akan semakin berkurang. Dalam menunjukan hasil pengukuran, lux meter memakai format digital yang terdiri dari rangka suatu sensor.  Sensor itu diletakan di sumber cahaya yang akan diukur intensitas cahayanya.

Alat lux meter biasanya digunakan untuk mengukur tingkat iluminasi. Sebagian besar alat lux meter terdiri dari rangka, sebuah sensor dengan sel foto, dan layer panel. Saat sensor diletakkan di sumber cahaya maka cahaya akan menyinari sel foto sebagai energi yang akan diteruskan oleh sel foto menjadi arus listrik.

Semakin banyak cahaya yang diserap oleh sel, arus yang dihasilkan akan lebih besar. Yang perlu diingat tentang cahaya yaitu cahaya selalu membuat macam – macam jenis perbedaan warna pada panjang gelombang yang berbeda. Sebab itu pembacaan adalah kombinasi efek dari semua panjang gelombang. Apabila anda mencari tempat yang jual lux meter anda bisa mencarinya dengan mengunjungi website trijinx.com .

Hampir semua jenis warna memiliki standar suhu warna yang sama yaitu 2856 derajat kelvin. Berbagai jenis dari cahaya lampu menyala pada suhu warna yang berbeda. Pembacaan lux meter bisa berbeda, tergantung variasi sumber cahaya yang berbeda dari intensitas yang sama. Hal ini menjadikan, beberapa cahaya terlihat lebih tajam atau lebih lembut dari pada yang lain.

Fungsi komponen pada lux meter yaitu:
1.Layar panel untuk enampilkan hasil pengukuran
2.Tombol Off/On sebagai tombol untuk menyalakan atau mematikan alat
3.Tombol Range merupakan tombol kisaran ukuran
4.Zero Adjust VR sebagai pengkalibrasi alat (bila terjadi error)
5.Sensor cahaya untuk mengkoreksi/mengukur cahaya.

Akibat Dari Gas Sulfur

Akibat Dari Gas Sulfur – Sulfur dioksida merupakan salah satu gas oksida sulfur (SOx). Gas sulfur dioksida sangat mudah larut dalam air, mempunyai bau,...
404 Crew
1 min read

3 Syarat Kayu Yang Bisa Digunakan Untuk Dibuat Triplek

3 Syarat Kayu Yang Bisa Digunakan Untuk Dibuat Triplek – Tidak semua jenis kayu yang dapat dibuat bahan triplek, Ada 3 macam syarat yang...
404 Crew
1 min read

Alat Pengukur Cahaya Ruangan

Pengukur Cahaya Ruangan | M-Science, Alat Pengukur Cahaya Ruangan. adalah alat ukur intensitas cahaya yang dapat mengukur pencahayaan pada ruangan. Instrument ukur ini disebut...
404 Found
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *