5 Cara Mengukur PH Air


5 Cara Mengukur pH Airapa itu pH ?? pH merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk mengetahui nilai keasaman atau kebasaan dari suatu larutan. pH air dapat diukur dengan skala pH mulai dari 0 sampai 14. Sehingga kita mampu mengetahui kulitas dari air tesebut. Informasi ini sangat bermanfaat  untuk mengetaui kelayakan air untuk dapat kita konsumsi setiap harinya.  Air yang dapat kita minum harus memiliki pH sekitar 7. Karena apabila pH terlalu rendah maka rasanya akan terasa asam. Namun,jika pHnya terlalu tinggi maka rasanya akan terasa pahit.

5 Cara Mengukur pH Air

Untuk keamanan maka,kita perlu mengukur pH air yang akan kita konsumsi. Berikut cara mengukur  pH dengan mudah dan sederhana.

1.Menggunakan indra perasa.
Cara ini merupakan cara yang sangat mudah dan praktis. Karena kita dapat langsung merasakan apakah air itu terasa asam (  berarti pH air yang terlalu rendah) maupun pahit (  berarti pH air yang terlalu tinggi).

Namun,cara ini dapat menimbulkan resiko yang besar. Karena apabila air yang kita uji ternyata mengandung zat yang berbahaya dikhawatirkan dapat menimbulkan keracunan. Sehingga cara ini hanya dapat dilakukan pada air yang bersih saja.

2. Indikator tetes.
Cara selanjutnya yaitu dengan cara titrasi. Titrasi merupakan cara mengukur pH dengan memperhatikan perubahan warna pada air yang kita ukur. Dengan cara ini kita mampu mengetahui seberapa tinggi pH air dengan indikator tingkat warna yang telah disedikan.

Namun cara ini hasilnya masih diragukan kepastiannya. Karena hasilnya tergantung pada bagaimana mata pengamat melihat  hasil akhir dari warna air yang diuji. Sehingga cara ini hanya didapat dari hasil pengamatan yang subjektif.

3.  Kertas lakmus.
Cara yang ketiga yaitu dengan cara memasukkan kertas lakmus kedalam air yang akan diukur. Kertas lakmus  yaitu sebuah kertas penguji yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan  khusus dan apabila menemukan kadar pH tertentu dalam air maka,secara langsung dapat berubah warna dengan sendirinya. Itulah cara kerja pada lakmus.

Perubahan warna pada lakmus memilki 2 hasil yaitu lakmus  biru dan lakmus merah. Dimana lakmus  biru menandakan bahwa air tersebut bersifat basa( pahit ) dan lakmus merah menandakan bahwa air tersebut bersifat asam. Selain itu kita juga bisa menggunakan kertas pH dengan prinsip dan cara pemakaian yang sama dengan kertas lakmus.

cara ini merupakan cara yang sangat mudah karena membutuhkan waktu yang sangat singkat. Namun hindari pemakaian kertas lakmus pada air yang pekat atau berwarna gelap. Karena kertas lakmus dapat tercemar air tersebut sehingga hasilnya tidak akurat.

4.pH Meter Digital.

Merupakan alat yang sering digunakan untuk mengukur pH air. Dengan hasil yang akurat bahkan hingga nilai koma. Selain itu,memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Serta dengan harga yang terjangkau,memudahkan  kita dalam pengukuran pH air.

Namun alat ini memiliki kelemahan  yaitu hasil pengukuran yang tidak stabil yang disebabkan oleh keadan air itu sendiri saperti suhu air yang terlalu panas maupun terlalu dingin. Namun alat ini tetap menjadi pilihan untuk  alat ukur pH air. Dibandingkan dengan alat ukur lainnya.

5.pH meter On Site.
yaitu alat pengukur yang diletakan disuatu tempat tertentu,sehingga tidak dapat digunakan ditempat lain. Biasanya pH meter ini dihubungkan dengan valve,maupun  dosing pump memberikan injeksi chemical  otomatis pada suatu keadaan terlampaui. Dan digunakan  untuk  mengetahui perubahan pH pada cairan yang sedang di proses.

Karena pemakaian pH meter yang lebih mudah dan sederhana,banyak masyarakat yang memakainya. Sehingga banyak tempat penjualan alat ukur yang menjual pH meter. Termasuk juga di CV Java Multi Mandiri. Dengan berbagai spesifikasi dan  jenis yang beragam.

Cek harga terbaik PH Meter Air dan beli online disini

Incoming search terms:

  • cara ukur badik
  • cara mengukur badik
  • cara mengukur payudara dengan tangan
  • cara mengukur varistor
  • cara mengukur str w6554a
  • cara mengukur grounding dengan tang ampere
  • cara mengukur ph air secara manual
  • cara mengukur ph air secara tradisional
  • cara mengukur ampere trafo dengan multimeter
  • https://www m-science net/alat/cara-mengukur-ph-air-secara-tradisional/?mode=grid

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *