PH Meter dan Kegunaannya


PH meter dan Kegunaannya | M-Science, bagian-bagian ph meter dan fungsinya. PH meter adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan suatu zat. PH meter terdiri dari sebuah elektroda (probe pengukur) yang terhubung ke sebuah alat elektronik yang mengukur dan menampilkan nilai pH.

ph meter dan kegunaannya

PH Meter dan Kegunaannya

Elektroda atau Probe merupakan bagian yang penting dari pH meter. Elektroda biasanya terbuat dari kaca yang berbentuk batang. Untuk mengukur pH larutan, probe dicelupkan ke dalam larutan. Pada bagian bawah elektroda ada bohlam, bohlam merupakan bagian sensitif dari probe yang berisi sensor. Bohlam tidak boleh disentuh menggunakan tangan, jika akan membersihkan harus menggunakan tisu dengan sangat lembut.

PH meter memiliki tiga kontrol. Kontrol pertama (kalibrasi) digunakan untuk mengatur pembacaan meter sama dengan nilai dari buffer pertama standar dan kontrol kedua (slope) yang digunakan untuk mengatur pembacaan meter dengan nilai buffer kedua. Kontrol ketiga memungkinkan suhu harus ditetapkan.

pH meter memiliki skala 0-14 untuk pengukuran tingkat keasaman atau kebasaan suatu zat. Jika pH meter menunjukan angka antara 0-6 berarti zat tersebut memiliki sifat basa. Jika pH meter menunjukan angka antara 8-14 berarti zat tersebut memiliki sifat basa. Dan jika pH meter menunjukan angka 7 maka zat tersebut memiliki sifat Netral, yaitu tidak asam dan tidak juga basa.

Berdasarkan kegunaannya, pH meter dibagi menjadi 2 yaitu pH meter air dan pH meter tanah.

1.PH Meter Air

ph meter dan kegunaannya

pH meter air adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman/kebasaan pada air. Air mineral ataupun air murni mempunyai tingkat pH seimbang yaitu 7.

Kegunaan PH Meter Air :

  1. Mengecek pH air minum
  2. Mengecek pH air bersih
  3. Menguji kualitas air bersih
  4. Mengecek pH pada cairan kimia
  5. Menguji kualitas air akuarium
  6. Menguji kualitas air pada industri pakaian

2.PH Meter Tanah

ph meter dan kegunaannya

pH meter tanah adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kadar pH atau tingkat keasaman/kebasaan pada tanah.

Kegunaan PH Meter Tanah :

  1. Mengecek pH tanah
  2. Menguji kualitas tanah untuk pertanian
  3. Menguji kualitas tanah untuk perkebunan

pH meter sangat penting untuk mengetahui kadar pH air maupun tanah, agar dapat digunakan secara maksimal dan menghasilkan kualitas yang bagus. pH meter ini banyak tersedia di perusahaan dan toko yang jual ph meter.

pH meter memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, seperti akurasi, resolusi dan lain-lain. Dari spesifikasi alat ini dapat dilihat bagus atau tidaknya kualitas pengukuran pH meter. Jika anda berminat membeli pH meter, anda harus memilih produk yang berkualitas dan harus memilih perusahaan yang terpercaya.

PH meter ini sekarang banyak dijual secara online untuk memudahkan para pembeli, salah satunya adalah di CV Java Multi Mandiri. Perusahaan ini menjual pH meter secara online dengan memberikan pelayanan yang memuaskan serta memberikan garansi dalam waktu 1 tahun untuk produk yang telah di beli. Jika anda membutuhkan pH meter, silahkan beli sekarang juga dan dapatkan manfaatnya.

Originally posted 2017-01-26 07:04:27.

Incoming search terms:

  • daftar harga ph meter tanah
  • cara mengukur ph air kolam dngn manual
  • Alat tes suhu buat burung
  • mengecek akurasi ph meter
  • PH air pengaruhi peralatan

Have any Question or Comment?

One comment on “PH Meter dan Kegunaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *