Manfaat Tomat Mentah Bagi Kesehatan


Manfaat Tomat Mentah Bagi Kesehatan – Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, seperti itulah kata pepatah mengatakan. Sebagian orang ada yang keliru menganggap bahwa tomat itu adalah sayuran, namun sebenarnya tomat itu buah, maka dari itu disebut buah tomat. Tomat mentah yang dimaksud disini adalah tomat yang sudah matang namun dikonsumsi langsung dengan mencucinya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Manfaat Tomat Mentah Bagi Kesehatan

Tomat, buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang siklus hidupnya singkat tinggi 1 hingga 3 meter. Pada bagian batang dari tumbuhan tomat ini tidak dapat dikonsumsi, karena mengandung Alkoid seperti saudaranya yaitu kentang dan terong.

Tomat yang telah matang ini berwarna merah, tomat seperti inilah yang bisa langsung dikonsumsi dan mempunyai efek yang bagus terhadap kesehatan manusia. Tomat yang masih muda (belum matang) ini mempunyai warna hijau yang bisa digunakan untuk campuran bumbu masakan, jadi jangan dikonsumsi langsung ya! tomat yang berwana hijau. Ada juga yang menikmati buah tomat ini dengan membuatnya menjadi jus tomat yang nikmat dan menyegarkan.

Kandungan Gizi Dalam Tomat

  • Lemak 0.20 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 5 mg
  • Kalium 237 mg
  • Serat Pangan 1.2 g
  • Gula 2.6 g
  • Air 93.00 g
  • Energi 23 kcal
  • Protein 1.29 g
  • Vitamin A 833 IU
  • Kalsium 10 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B12 0 µg
  • Vitamin K 10.1 µg
  • Vitamin C 13.7 mg
  • Vitamin B6 0.1 mg
  • Vitamin E 0.38 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat besi 0.3 mg

Manfaat Tomat Mentah Bagi Kesehatan

Manfaat yang Anda dapatkan tak lain karena vitamin yang terdapat dalam buah tomat ini. Banyaknya vitamin yang ada dalam buah tomat ini akan membantu memulihkan dan memenuhi kebutuhan asupan vitamin tubuh Anda. Inilah manfaat dari mengkonsumi tomat secara langsung (yang sudah matang).

1. Dapat membantu mengurangi resiko kanker.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil yang mengejutkan, bahwa buah tomat ini dapat menghambat (melambat) tumor prostat. Selain itu jika Anda diet menggunakan buah tomat ternyata dapat mengurangi resiko kanker pankreas. Kandungan likopen dalam buat tomat akan membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh Anda.

2. Dapat mengurangi lemak yang menyebabkan kegendutan.

Lemak pada tubuh pun ikut berkurang jika Anda secara rutin mengkonsumsi buah tomat secara langsung. Untuk mengurangi lemak pada tubuh, Anda cukup makan buah tomat sebelum melakukan olahraga. Nutrisi pada buah tomat yang dapat menurunkan berat badan ini berasal dari kadar protein dan kalori.

3. Menangkal radikal bebas.

Radikal bebas pun dapat dilawan dengan kandungan buah tomat. Senyawa yang memerangi radikal bebas ini bernama Flavonoid dan zea-xanthin. Senyawa tersebutlah yang terkandung dalam buah tomat yang memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas dan mengandung antioksidan.

4. Mampu menjaga gigi serta tulang agar tetap kuat dan sehat.

Jika Anda pernah mendengar bahwa tulang yang kuat membutuhkan kalsium yang cukup, maka pada daging buah tomat juga terdapat kalsium yang berguna untuk memelihara tulang agar tidak mudah keropos dan memperkuat gigi serta membuatnya tetap sehat.

5. Membentuk otot yang bagus.

Apabila Anda merasa aneh dengan pernyataan bahwa mengkonsumsi buah tomat secara lasngsung dapat membantu membentuk otot yang bagus, ingatlah bahwa dalam buah tomat terdapat kandungan protein yang akan membantu memenuhi asupan tubuh Anda terutama bagian otot. Jadi dengan mongkonsumsi buah tomat dan ditambah dengan olahraga, Anda bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal. Konsumsi buah tomat sebelum dan sesudah berolahraga, cukup konsumsi setengah potong tomat mentah saja secara rutin.

6. Mengendalikan kolesterol yang mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Dalam tubuh manusia terdapat kolestrol jahat dan kolestrol baik. Agar tubuh sehat, jumlah kolestrol baik ini harus lebih banyak daripada kolestrol jahat. Mengkonsumsi tomat secara rutinnya akan membantu untuk mengontrol kadar kolesterol yang ada dalam tubuh, sehingga dapat menghindari resiko-resiko tekanan darah tinggi.

7. Mampu menyehatkan mata.

Selain buah wortel, tomat juga mengandung vitamin A. Seperti yang sudah sering Anda baca bahwa vitamin A ini bagus untuk kesehatan mata. Kandungan lainnya dalam buah tomat yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata antara lain niacin, thiamine, dan asam folat. Untuk membantu dan menjaga kesehatan mata konsumsilah buah tomat secara rutin.

8. Membantu jantung agar selalu stabil.

Kandungan kalium yang ada dalam buah tomat ini berfungsi untuk mengontrol detak jantung saat bekerja memompa darah. Selain menjaga agar jantung bekerja stabil, buah tomat bermanfaat juga untuk menghindari resiko sakit jantung hingga stroke.

9. Mampu mengontrol gula darah.

Kandungan gula dalam darah yang tidak terkontrol dan melampaui batas wajarnya, akan memperbesar kemungkinan terserang diabetes. Kromium adalah kandungan yang terdapat dalam buah tomat yang berfungsi untuk menjaga kadar gula dara dalam tubu tidak mengalami peningkatan.

10. Dapat memberi perlindungan pada kulit dari paparan ultraviolet.

Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari akan merusak struktur kulit sehingga akan mengakibatkan kulit seperu bersisik, kasar, dan kusam. Tahukah anda buah tomat ternyata dapat dijadikan sebagai tabir surya alami yang menghindari kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet. Anda bisa mengkonsumsi buah tomat segar langsung atau juga bisa menjadikan tomat sebagai minuman jus, kemudian dapat dikonsumsi sebelum berangkat bekerja atau melakukan kegiatan diluar ruangan. Kandungan likopen yang terdapat dalam buah tomat berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

11. Dapat mencegah terjadinya kerusakan sel.

Manfaat tomat mentah juga dapat berperan untuk menjadi pencegah kerusakan sel. Biasanya kerusakan sel yang terjadi akan menimbulkan kemerahan pada kulit hingga kerutan-kerutan yang membuat terlihat lebih tua dari usia aslinya. Mengkonsumsi likopen yang banyak akan membantu mengatasi kerusakan sel, zat yang bernama likopen inilah yang banyak terdapat dalam buah tomat. Silahkan konsumsi tomat secara teratur agar mendapatkan hasil yang terbaik.

12. Mampu membersihkan kotoran yang ada pada rambut.

Rambut adalah mahkota bagi wanita khususnya, setiap wanita pastinya menginginkan rambut yang sehat, inda, dan bersih. Ternyata melakukan keramas secara rutin saja tidak cukup untuk membersihkan kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Buah tomat dapat dijadikan jus atau dihaluskan, kemudian oleskan pada seluruh rambut hingga merata. Biarkan saja tomat tersebut selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih rambut anda.

13. Dapat menghilangkan bau pada kulit kepala.

Kasus seperti ini sebenarnya agak jarang terjadi, bau pada kulit kepala dipicu oleh banyak hal. Tomat adalah salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan bau tersebut. Cara penggunaannya, haluskan tomat kemudian saring tomat tersebut ambil airnya. Selanjutnya siramkan pada kepala dan diamakan beberapa menit saja. Jika air tomat tersebut sudah mengering, kemudian bilas kepala hingga bersih menggunakan shampo.

14. Dapat menghilangkan ketombe.

Masalah yang satu ini sangat sering sekali terjadi sehinga membuat seseorang tidak percaya diri akan penampilannya. Dengan menggunakan tomat sebagai masker untuk rambut dan kepala, akan membantu mengatasi ketombe yang membandel.

15. Dapat memancarkan kilau rambut.

Rambut yang sehat dan bersih adalah impian setiap orang. Jika rambut dalam keadaan sehat, pastinya warna rambut yang berkilau akan didapatkan dengan mudah. Caranya sama dengan yang sebelumnya, cukup ambil perasan air tomatnya saja. Setelah itu langsung oleskan pada rambut sambil melakukan pijatan-pijatan kecil.

16. Dapat mengatasi kulit berminyak.

Jenis kulit yang berminyak cenderung memiliki banyak permasalahan kulit yang sering muncul, salah satunya ialah jerawat. Jerawat paling sering muncul di wajah yang memiliki kadar minyak yang berlebihan. Menggunakan tomat sebagai masker untuk wajah akan membantu mengatasi munculnya jerawat. Tidak hanya untuk membasmi jerawat saja, komedo juga dapat diatasi dengan menggunakan masker tomat.

17. Membantu melancarkan pencernaan.

Mengkonsumsi buah tomat mentah juga ampuh untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada organ pencernaan seperti susah buang air besar dan sembelit. Hal itu terjadi karena dalam buah tomat terkandungan serat yang membantu kerja usus dalam mencerna makanan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah tomat mentah yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan pelengkap makanan saja, akan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Incoming search terms:

  • tomat hutan
  • fungsi alat tds untuk ikan
  • manfaat facial tomat
  • manfaat tomat hutan
  • obat luka burung
  • penjual buah kecubung
  • tempat jual tomat hutan

Have any Question or Comment?

2 comments on “Manfaat Tomat Mentah Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *