Gas Metana Adalah


Gas Metana Adalah – Metana merupakan hidrokarbon yang paling sederhana dengan bentuk gas dengan rumus kimia CH4. Metana murni tidak memiliki bau, tidak memiliki warna, extremely flammable, mampu menggeser oxygen, non toxic dan juga non corrosive.

Gas Metana Adalah
Sebagai informasi untuk mendeteksi kebocoran gas anda bisa menggunakan detector gas. Alat tersebut adalah salah satu alat yang akurat untuk mendeteksi kebocoran gas. Apabila anda ingin mencari toko yang jual gas detector anda bisa membelinya di alat ukur Indonesia.

Kita bisa mencium aroma metana, hanya jika gas metana di campur dengan zat tambahan atau jika gas metana bercampur dengan gas H2S dan muncul aroma telur busuk.

Apabila tercium aroma tersebut, artinya konsentrasinya sudah tinggi dan berbahaya bagi kesehatan. Metana adalah komponen utama dari gas alam. Komposisi gas alam yaitu 75 persen methane, 15 persen ethane, 5 persen hidrocarbon lain seperti propane dan butane.

Pembakaran 1 molekul metana dengan oksigen maka akan melepaskan 1 molekul karbondioksida dan 2 molekul air . Metana adalah salah satu gas rumah kaca dan penyebab pemanasan global.

Ikatan Metana adalah molekul tetrahedral dengan empat ikatan C sampai H yang ekuivalen. Pada suhu ruangan dan juga tekanan standar, metana merupakan gas yang tidak memiliki warna dan tidak memiliki bau.

Trijinx.com Distributor Alat Ukur

Bau dari metana berasal dari penambahan odoran seperti metanathiol. Metana memiliki titik didih minus 161 derajat celcius atau minus 257.8 derajat fahrenheit pada tekanan 1 atmosfer. Sebagai gas, metana akan mudah terbakar jika konsentrasinya mencapai 5 sampai 15 persen di udara.

Metana yang dengan bentuk cair tidak akan terbakar kecuali jika diberi tekanan tinggi 4 sampai 5 atmosfer. Pengaruh terhadap kesehatan manusia adalah seperti kekurangan oksigen, yaitu kurang dari 16 persen.

Gangguan kesehatan akan muncul jika terpapar metana dengan konsentrasi tinggi. Gejala yang muncul karena kekurangan oksigen yaitu nafas menjadi cepat, denyut nadi akan meningkat, koordinasi otot akan menurun, emosi akan meningkat, mual, muntah, kehilangan kesadaran, gagal nafas, sampai kematian.

Tenaga kerja terpapar metana melalui jalan pernapasan yaitu tenaga kerja menghirup gas metana melaluiĀ  bocoran limbah, bocoran gas LPG, ataupun saat memasuki confined space septik tank, manholes dan laian – lain.

Metana lebih berbahaya dari O2. Apabila terjadi kontak langsung dengan api atau percikan kecil api bisa menimbulkan sebuah ledakan pada tekanan tertentu, hal tersebut adalah salah satu bahaya metana. Ternyata waduk juga bisa memperoleh gas metana yang berbahaya untuk bumi.

Waduk dan bendungan berpotensi sebagai penghasil gas metana karena dipengaruhi oleh keadaan lahan waduk sebelum dialiri, keadaan kualitas air waduk, dan keadaan waduk itu sendiri. Gas metana memiliki efek pemanasan 25 kali lebih kuat dalam mengakibatkan pemanasan global dibanding dengan CO2.

Usaha untuk mengurangi emisi metana dari waduk bisa dengan cara pembersihan dari tumbuhan dan juga tumbuhan liar untuk mengurangi proses pembusukan saat tergenang, membersihkan tanaman di pinggir waduk, juga menjaga kualitas air yang masuk pada waduk.

Masyarakat dapat menghindari bahan pencemar seperti limbah domestik, industri, pertanian, dan juga perikanan dari air waduk. Emisi gas metana berasal dari alam yaitu seperti lautan, lapisan es permanen, tanah yang gembur, juga berasal dari kegiatan manusia.

Metana yang diperoleh akibat kegiatan manusia adalah salah satu penyumbang metana yang paling besar yang khususnya berasal dari pembakaran tanaman organik juga industri peternakan.

Incoming search terms:

  • jenis jenis cuaca dan iklim
  • menghitung beban P dan Q
  • alamat toko dimakassar yg jual alat pengukur suhu di air
  • electromanetik air harga dimedan

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *