Alat Pengukur Cahaya Ruangan


Pengukur Cahaya Ruangan | M-Science, Alat Pengukur Cahaya Ruangan. adalah alat ukur intensitas cahaya yang dapat mengukur pencahayaan pada ruangan. Instrument ukur ini disebut juga lux meter atau light meter, jadi jika Anda membaca ataupun menemukan alat test pencahayaan ruangan ini dengan nama lux meter atau light meter itu sama saja.

Alat Pengukur Cahaya Ruangan
Alat Pengukur Cahaya Ruangan

Alat Pengukur Cahaya Ruangan

Ada 3 jenis alat yang bisa digunakan untuk mengukur cahaya yaitu Spektrofotometer, Lux Meter/Light Meter dan Ganiofotometer. Dari ketiga alat tersebut, alat yang masih sering digunakan untuk mengukur intensitas cahaya untuk alat test pencahayaan pada ruangan adalah lux meter atau light meter. Masing-masing alat ini berbeda, berikut ini penjelasan mengenai macam-macam alat pengukur intensitas cahaya.

1. Spektrofotometer

spektrofotometer merupakan alat tester yang digunakan sebagai pengukur jumlah cahaya pada panjang gelombang tertentu yang melewati sebuah materi.  Alat test ini mengukur jumlah cahaya berdasarkan interaksi antara materi dengan cahaya yang ditembakkan.

Pengukur Cahaya Ruangan - Spektrofotometer
Pengukur Cahaya Ruangan – Spektrofotometer

Cahaya tersebut bisa berupa inframerah, ultra violet, dan cahaya tampak sedangkan materi berupa atom atau molekul (biasanya dari bahan kaca atau kuarsa). Alat ukur cahaya ini terdiri dari spektrometer yang tujuannya menghasilkan cahaya dari gelombang yang diinginkan. Ada dua jenis spektrofotometer, beam tunggal dan beam ganda.

2. Lux Meter, alat ukur ini juga sering disebut sebagai lightmeter, Alat ini merupakan alat untuk mengukur intensitas cahaya yang dari sebuah sensor cahaya dari bahan foto sel dan layar. Fungsi dari alat ini untuk mengukur tingkat pencahayaan dalam dalam satuan candela pada suatu tempat. Intensitas cahaya diukur untuk menentukan tingkat pencahayaan di suatu tempat.

Pengukur Cahaya Ruangan - Lux Meter
Pengukur Cahaya Ruangan – Lux Meter

Semaikin jauh dari sumber cahaya maka akan semakin kecil intensitasnya. Lux meter sekarang sudah ada versi digital. Anda tinggal meletakkan sensornya dan otomatis ia akan menampilkan besarnya intensitas cahaya pada layar digital yang ada.

Prinsip kerjanya, ia mengubah energi dari foton cahaya menjadi elektron. Cahaya yang mengenai sel foto dioda akan ditangkap sebagai energi yang diubah sel foto arus listrik. Semakin besar intensitas cahaya yang ditangkap akan semakin besar arus listrik yang dihasilkan.

3. Ganiofotometer
Ganiofotometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur distribusi spasial sumber radiasi  sehingga dapat menampilkan sifat fotometrik cahaya tampak pad sudut tertentu. Kata ganiofotometer sendiri berasal dari bahata yunan “Gonio” yang berarti sudut dan “Fotometer” yang berarti cahata. Alat ini banyak digunakan dalam industri otomotif.

Ganiofotometer bisa digunakan untuk mengukur distribusi intensitas, fluks cahaya, koordinat warna, dan temperatur warna.

Nah itulah Alat Pengukur Cahaya Ruangan, dari ketiga alat diatas yang masih banyak digunakan saat ini adalah lux meter digital. Selain pengoprasiannya yang mudah, alat ini juga sudah menggunakan sistem digital yang sangat sesuai untuk di zaman modern saat ini.

Untuk mendapatkan lux meter / light meter pun sangat mudah karena sudah banyak dijual online, salah satunya yaitu di trijinx.com sebuah situs blog toko online yang jual lux meter yang melayani pengiriman keseluruh kota di indonesia. Jika di kota Anda belum ada alat ini, silahkan Anda bisa membelinya secara online aman dan nyaman sebagai alat ukur intensitas cahaya dan pengukur tingkat penerangan pada ruangan.

Incoming search terms:

  • jual alat ukur ph tanah blitar
  • macam alat pengukur pH Beserta penjelasannya
  • cara membuat alat uji cahaya
  • alatpengukurphtanah
  • bahan bahan pembuat alat pengukur ph tanah
  • alat pengukur ph tanah sederhana
  • jual alat ukur ph tanah jatim
  • pengukur inten cahaya tanaman padi
  • harga alat pengukur kesuburan tanah
  • daftar harga alat pengukur ph tanah

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *