3 Syarat Kayu Yang Bisa Digunakan Untuk Dibuat Triplek


3 Syarat Kayu Yang Bisa Digunakan Untuk Dibuat Triplek – Tidak semua jenis kayu yang dapat dibuat bahan triplek, Ada 3 macam syarat yang harus ada pada sebuah kayu agar bisa dibuat  triplek. Apakah anda tahu apa ketiga syarat itu? Jika ada yang belum tahu mengenai syarat kayu apa saja yang bisa dibuat triplek, berikut ini adalah tiga syarat kayu tersebut:

3 Syarat Kayu Yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Triplek

Hal pertama yang harus anda tau yaitu bentuk fisik kayu tersebut harus bulat. Kayu yang cocok digunakan untuk bahan baku pembuatan triplek yaitu kayu yang memiliki tingkat kebulatan yang sempurna pada batangnya. Sebab pertimbangannya adalah kayu yang memiliki tingkat kebulatan yang baik, pemanfaatannya bisa jauh lebih dimaksimalkan atau dengan kata lain tidak banyak kayu yang terbuang.

Kedua adalah bentuk fisik kayu harus lurus. Selain tingkat kebulatan yang sempurna (katakanlah 90 % sempurna), tingkat kelurusan kayu juga menjadi syarat penting dalam hal ini.

Ketiga adalah persediaan yang banyak. Persediaan yang cukup  banyak tentunya akan mempengaruhui dengan proses kecepatan masa tumbuh pohon penghasil kayu itu sendiri. Apabila syarat initidak terpenuhi, maka pada proses produksi pabrik akan mengalami gangguan sebab kualitas kayu tersebut tidak konsisten.

Pada pembuatan tripek kadar air pada kayu harus diketahui dikarenakan pada saat pemotongan kayu yang sangat tipis harus benar benar sempurna agar kayu tersebut tidak putus putus pada saat memotongan itu. Oleh karena itu untuk dapat mengetahui kadar air pada kayu tersebut anda bisa menggunakan alat test kadar air kayu. Menggunakan alat ini anda dapat mengetahui kadar air pada kayu tersebut dengan mudah. JIka anda bingung mau membeli alat tersebut dimana anda bisa membelinya di alat ukur indonesia

Lalu, jenis kayu apa yang memenuhi kriteria tersebut?

Jenis kayu yang cocok dipakai untuk pembuatan triplek adalah kayu jabon dan kayu sengon. Sebab baik kayu jabon ataupun kayu sengon memang sudah memenuhi ketiga syarat di atas. Dan oleh karena itu mangapa kayu jabon maupun kayu sengon banyak dipergunakan oleh pengusaha pembuatan triplek.

Kedua jenis kayu tersebut selain dikenal dengan berbatang bulat dan lurus, juga sebagai tanaman yang memiliki masa tumbuh yang begitu cepat dibanding tanaman kayu-kayuan yang lainnya sehingga stok atau persediaan akan kedua jenis kayu tersebut sangat banyak.

Apakah tidak ada jenis kayu lain yang bisa dipakai untuk membuat triplek selain kayu kedua jenis kayu tersebut? Tentu ada, salah satunya yaitu kayu jati. Kayu jati yang kondisi fisiknya memenuhi syarat juga biasa masuk saat proses pembuatan triplek. Di pasaran, triplek dari kayu jati dikenal dengan nama teak blok.

Incoming search terms:

  • Macam Mikrometer
  • nama alat untuk mengukur gas terlarut
  • Pohon penghasil kayu pembuat triplek

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *